Web Browser - Internet Explorer 8

WEB BROWSER
Penjelajah web (Inggris: web browser), disebut juga sebagai perambah atau peramban, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Penjelajah web yang populer adalah Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Penjelajah web adalah jenis agen pengguna yang paling sering digunakan. Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web.

Sejarah singkat

Penjelajah web pertama kali berbasis teks, seperti halnya Lynx yang populer hingga sekarang, karena memang sistem dengan antarmuka grafis belum umum digunakan pada saat itu. Baru setelah sistem berbasis grafis mulai banyak digunakan, seorang mahasiswa bernama Marc Andressen di University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat, membuat sebuah penjelajah web berbasis grafis pertama yang berjalan di atas sistem operasi Windows dan UNIX (berbasis Motif). Penjelajah web tersebut dinamai Mosaic.
Selanjutnya, setelah lulus dari universitas, Marc ditawari oleh Alief Falahuddin, salah seorang petinggi Silicon Graphics Incorporated (SGI), untuk membuat perusahaan dengan nama Mosaic Communication, yang kemudian berubah menjadi Netscape Communication. Marc membuat sebuah penjelajah web populer pertama yang digunakan oleh umum, yang disebut dengan Netscape Navigator. Pada saat pengembangannya, Navigator memiliki nama kode Mozilla. Navigator merupakan penjelajah web komersial, akan tetapi seiring dengan waktu akhirnya Navigator pun menjadi dapat diperoleh secara gratis. Sementara itu, penjelajah web Mosaic yang gratis tidak diteruskan lagi pengembangannya, dan diserahkan kepada NCSA (National Computing for Supercomputer Application). Karena NCSA tidak memiliki izin untuk mengomersialkan produk Mosaic, NCSA akhirnya menjual Mosaic kepada Spyglass, yang akhirnya membuat Mosaic menjadi penjelajah web komersial.
Microsoft, yang terlambat turun di pasar penjelajah web, pun membeli lisensi Mosaic dari Spyglass, sehingga pada akhirnya merilis produk penjelajah web-nya, yang disebut sebagai Internet Explorer. Dengan dirilisnya Internet Explorer, muncullah perang besar antara web browser populer, yakni antara Netscape Navigator, dan Microsoft Internet Explorer.

Fitur web dan penjelajah web

Penjelajah web bisa dibedakan lewat fitur-fitur yang mereka dukung. Browser modern dan halaman web biasanya menggunakan banyak fitur dan teknik yang tidak ada pada masa-masa awal web. Disebabkan adanya perang penjelajah web, fitur-fitur Web dan penjelajah web semakin cepat dikembangkan.
Berikut daftar beberapa elemen dan fitur-fitur tersebut:
"Small-Screen Rendering" ("penampilan pada Layar-Kecil") dari Opera adalah suatu cara memformat ulang halaman web agar dapat masuk ke dalam layar yang kecil, misalnya dalam sebuah ponsel, sekaligus operasi gulung (scroll) horisontal tidak diperlukan lagi.

Browser web menurut pangsa pasar

Data berikut ini yang diperoleh onestat.com menunjukkan proporsi panguna yang menggunakan satu dari browser-browser utama. Data tersebut - yang dikumpul pada November 2004 - diperoleh dengan melihat string agen pengguna 2.000.000 pengguna yang mengunjungi berbagai situs-situs web yang berbeda di 100 negara. [1]
(Perlu diperhatikan bahwa statistik ini tidak dapat dijadikan pegangan untuk menunjukkan penggunaan sebenarnya karena adanya sesuatu yang dinamakan "pembohongan agen pengguna". Kadang-kadang browser non-IE dikonfigurasikan untuk "berbohong" mengenai identifikasi mereka agar dapat mengakses situs-situs web yang akan memblokir mereka jika hal demikian tidak dilakukan. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa Internet Explorer milik Microsoft sebenarnya sedikit kurang dominan daripada angka-angka yang ditunjukkan di bawah ini)
o   Browser-browser berbasis Microsoft Internet Explorer: 88.9% (93.9% pada Mei 2004[2])
o   Versi 7.0 : 1 % dari keseluruhan
·         Versi 6.0: 80.95% (69.3%) dari keseluruhan
o   Versi 5.5: 4.18% (12.9%)
o   Versi 5.0: 3.66% (10.8%)
o   Browser-browser berbasis Mozilla (termasuk versi-versi terbaru Netscape): 7.35% (2.1%)
o   Mozilla Firefox 0.10 (Preview 1.0): 2.79%
o   Mozilla 1.x: 2.77%
o   Mozilla Firefox 1.0: 1.79%
o   Opera: 1.33%
o   Versi 7.x: 1.29% (1.02%)
o   Safari: 0.91% (0.71%)
Dominasi Internet Explorer mulai jatuh dengan diperkenalkannya browser Firefox. Sejak statistik di atas dikeluarkan, Mozilla Firefox telah mengambil pangsa pasar dari IE dengan cepat, dengan jumlah penggunanya meningkat hampir dua kali lipat dalam waktu kurang dari 6 bulan.
Statistik penggunaan berbeda banyak dari suatu situs ke lainnya. Contohnya Opera mempunyai bagian hampir 20% pada Wikipedia Rusia dan Norwegia.

Daftar penjelajah Internet

Grafis

·         Mozilla
·         Mozilla Firefox (sebelumnya bernama Firebird dan Phoenix)
·         CometBird
·         Epiphany, browser default GNOME saat ini
·         Camino untuk Mac OS X (sebelumnya bernama Chimera)
·         K-Meleon untuk Windows
·         Kazehakase browser web GTK2 yang sangat ringan untuk GNU/Linux
·         Beonex Communicator
·         Browser Web IBM untuk OS/2
·         Aphrodite
·         Salamander
·         Skipstone
·         BackArrow (berbasis Skipstone)

Browser berbasis Internet Explorer

·         Internet Explorer
·         Chakra Browser
·         Avant Browser
·         Crazy Browser
·         iRider
·         MSN Explorer
·         Maxthon (sebelumnya bernama MyIE2)
·         NeoPlanet
·         NetCaptor
·         Tablane Browser
·         versi-versi browser yang diikutkan pada antarmuka AOL

Browser berbasis GRML

Browser berbasis KHTML

Browser lainnya



Berbasis Handphone

Berbasis teks

Browser lama yang tidak lagi dikembangkan


 
Internet Explorer
Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah penjelajah web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft. Ia tersedia untuk banyak versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi mutakhir untuk semua platform kecuali Windows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft juga mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac (yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada Solaris dan HP-UX, tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan.
Internet Explorer hingga kini masih merupakan penjelajah web yang paling banyak digunakan, meliputi 93.7% dari keseluruhan penggunaan penjelajah web, menurut sebuah perusahaan pengulas web WebSideStory. Explorer diikutkan sebagai penjelajah web bawaan (default) di semua versi Microsoft Windows sejak Windows 95 OSR-2.
Windows XP Service Pack 2 keluaran Microsoft beberapa lama ini menambah beberapa fitur keamanan penting kepada Internet Explorer, termasuk firewall Windows yang sudah dimutakhirkan dan pemblokir pop-up. Ini dilakukan untuk meredam kekhawatiran mengenai spyware yang telah menyerang Explorer dengan berat. Microsoft menganjurkan para pengguna untuk memutakhirkan Microsoft Windows (melalui Windows Update) secara berkala.

Sejarah

Internet explorer 1 diluncurkan pada tanggal 16 Agustus 1995

Keamanan

Di bawah pengawasan media yang ketat karena besarnya jumlah penggunanya, pembobolan terhadap "lubang" keamanan Internet Explorer telah mengakibatkan IE mendapatkan reputasi sebagai penjelajah web utama (ini termasuk Safari, Mozilla Firefox, Mozilla and Netscape, Opera, dan Konqueror) yang paling tidak aman. Microsoft secara berkala mengeluarkan patch keamanan yang bisa diunduh secara otomatis dan dipasang untuk memutakhirkan penjelajah web-nya.

Pada saat ini, Internet Explorer 8, Sudah Sampai Tahap Release 1 Candidate,artinya sebentar lagi versi baru ini akan beredar. IE.8 RC 1, bisa anda unduh dari Websitenya Microsoft.
Saya akan berbagi pengalaman menggunakan IE 8.0 ini, ada beberapa fitur yang lebih baik :
1. Menu Tab
Fasilitas tab, saat ini lebih popular di Modzilla, IE. Menganut menu ini sejak di IE 7.0. Di IE.8.0, fitur ini lebih dikembangkan, berkaitan dengan tab, Microsoft menambah fitur yang mereka sebut “Group”. Fitur ini berfungsi untuk mengelompokkan beberapa tab menjadi sebuah group.Anda bisa melakukan suatu aksi terhadap semua tab yang ada didalam sebuah group. Misalnya anda bisa menutup semua tab yang termasuk dalam suatu group.

2. Navigasi
Kalau anda membuka tab baru, IE 8.0 akan memunculkan halaman yang diberi nama “The New Tabe Page”. Dihalaman itu anda bisa kembali membuka tab yang baru ditutup, IE akan menampilkan daftar situs web yang ditutup tabnya. Ada juga bisa membuka secara sekaligus seluruh situs web yang sebelumnya anda kunjungi.
3. Fasilitas InPrivate
Fitur ini berfungsi untuk menjaga privasi browsing anda. Jadi aman untuk semua.
4. History
Seperti halnya modzilla, ketika alamat situs web diketik, baris alamat akan segera menampilkan daftar alamat yang berkaitan.

5. Fasilitas Accelerator
Menampilkan informasi mengenai sesuatu hal pada sebuah halaman web.
6. Crash Handle
Fasilitas ini digunakan untuk mengatasi masalah crash. Di browser baru ini, crash pada satu tab tidak akan mempengaruhi tab yang lain.
7. Search Box
Kotak pencarian semakin baik dengan munculnya tampilan berdasarkan teks yang diketikan di kotak pencarian.
8. Security
Untuk Keamanan, IE menandai nama domain utama pada situs web, sehingga tampilan warnanya berbeda.

Tutorialnya,




Sumber:
·         http://id.wikipedia.org/

0 Responses